Tips Merawat Mesin Cuci Supaya Lebih Awet dan Tahan Lama

Banyak orang yang tidak bisa menggunakan mesin cuci dengan benar. Akhirnya mesin cuci cepat rusak. kita tidak sadar bahwa kebiasaan yang kita lakukan, bisa membuat kerja mesin cuci semakin berat. Kesadaran akan penggunaan mesin cuci pun masih kurang, akhirnya rusak dan harus memanggil service mesin cuci. Bila kerusakan terjadi terus menerus, tentunya akan menghabiskan biaya bulanan anda. Karena digunakan untuk memperbaiki mesin cuci. Oleh karena itu lakukan tips merawat mesin cuci dibawah ini supaya lebih awet.

Terlalu Banyak Memasukan Baju

Karena ingin cepat selesai, kita sering memasukan baju terlalu banyak ke dalam mesin cuci. Padahal ini bisa merusak mesin mesin cuci itu sendiri. Setiap mesin cuci memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Anda harus paham berapa kapasitas maksimal mesin cuci anda. Memasukan mesin cuci terlalu banyak, akan membuat kotoran dibaju tidak terlepas dan akhirnya tidak tercuci bersih. Anda juga lebih boros air dan deterjen. Jika anda suka menumpuk pakaian beberapa hari, lebih baik pilih mesin cuci dengan kapasitas besar.

Memasukan Detergen Terlalu Banyak

Kita berpikir, dengan memasukan detergen banyak bisa membuat pakaian lebih bersih. Hal ini salah, karena terlalu banyak detergen bisa berkibat fatal pada mesin cuci anda. Selalu gunakan detergen sesuai petunjuk yang diberikan. Kalau perlu gunakan takaran, sehingga sesuai dengan kebutuhan baju anda. Memasukan detergen terlalu banyak, tidak hanya merusak mesin cuci. Tetapi juga merusak kain pakaian. Kemampuan mesin cuci dalam membersihkan kotoran pun akan menurun.

Filter Jarang Dibersihkan

Banyak service mesin cuci yang menyarankan untuk membersihkan filter secara rutin, minimal satu minggu sekali. Filter terdapat di dalam tabung mesin dan digunakan untuk menyaring kotoran pakaian. Bila anda sering mencuci baju, bagian filter ini pasti akan cepat penuh, oleh karena itu harus dibersihkan secara rutin. Bila filter tidak dibersihkan, bisa membuat kinerja mesin semakin berat dan kotoran tidak bisa dibersihkan dengan sempurna. kalau perlu bersihkan filter setiap dua hari sekali, sehingga kinerja mesin lebih optimal.

Meninggalkan Pakaian Terlalu Lama di Kamar Mandi

Terkadang kita mencuci baju, sambil melakukan kegiatan lainya. Akhirnya pakaian tertinggal di dalam mesin cuci terlalu lama. Padahal ini bisa membuat mesin cuci cepat rusak. entah itu ditinggalkan dalam keadaan basah atau kering, keduanya tidak boleh dilakukan. Selain membuat mesin cuci rusak. meninggalkan baju terlalu lama di dalam kamar mandi, akan membuat baju bau apek dan kotoran menempel lagi. Akhirnya anda harus membersihkan baju lagi dan buang-buang tenaga.

Memakai Pengaturan Yang Sama Pada Semua Jenis Pakaian

Mesin cuci diatur, sesuai pengaturannya masing-masing. Setiap kain memiliki pengaturan yang berbeda-beda, sehingga pakaian bisa bersih sempurna. tetapi kadang kita malas untuk memperhatikan hal itu. Akhirnya menggunakan pengaturan yang sama terus menerus atau memilih pengaturan otomatis. Pengaturan ini berdasarkan lama pencucian, suhu air, bilas, temperatur dan lainnya. Anda harus mengatur semuanya dengan sebaik mungkin, sehingga baju bersih sempurna.

Dengan melakukan perawatan diatas, mesin cuci anda akan tahan lebih lama. Jangan lupa diletakan di tempat datar dan kering. Jangan letakan di tempat lembab atau terkena sinar matahari, karena bisa membuat mesin cuci rusak dan berjamur. Bila rusak, langsung cari service mesin cuci di sejasa.com/service-mesin-cuci. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Deskripsi: service mesin cuci akan membantu memperbaiki mesin cuci anda dengan benar. Selain itu jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *