Berapa Lama Perangkat Elektronik Anda Bisa Bertahan?

Setiap perangkat elektronik memiliki daya ketahanan yang berbeda-beda. Sebagai pedoman, baru-baru ini situs Australia Choice mengungkap berapa lama tiap perangkat bisa digunakan dalam keadaan baik.

“Perangkat modern cenderung memiliki rentang hidup yang pendek, penurunan kualitas ini merupakan hasil dari perubahan teknologi yang cepat dan preferensi konsumen yang berubah-ubah,” ungkap penjelasan pada situs.

Situs menjelaskan, ada dua kategori dengan makna berbeda. Harapan hidup adalah masa perangkat bertahan dengan penggunaan wajar dan masih bisa diperbaiki jika ada kerusakan. Sementara, estimasi usia ekonomis menjadi batas ketika perangkat sebaiknya diganti.

Perangkat kecil seperti pemanggang roti dan setrika punya masa harapan hidup lebih dari lima tahun dengan usia ekonomis hingga 20 tahun. Jika barang-barang ini rusak berat sesudah lima tahun, lebih disarankan untuk menggantinya.

Sementara, perangkat yang lebih besar seperti kulkas bisa bertahan antara 10 sampai 20 tahun. Kerusakan pada segel pintu atau termostat layak mendapat perbaikan, tapi segera beli kulkas baru apabila yang rusak adalah kompresor.

Untuk televisi, usia ekonomis dan harapan hidupnya tak jauh berbeda. Televisi bisa bertahan antara tiga sampai 12 tahun. Lebih baik menggantinya apabila rusak karena banyak muncul model baru dengan perbedaan harga sangat tipis.

Bagi fotografer, cermati bahwa usia ekonomis kamera kompak yaitu tiga sampai tujuh tahun, sedangkan kamera DSLR tiga sampai 10 tahun. Choice menyarankan memperbaiki kerusakan hanya untuk kamera yang harganya amat mahal.

Terakhir adalah ponsel, yang punya harapan hidup lebih dari lima tahun. Sementara, usia ekonomisnya bergantung pada penggunaan masing-masing orang sehingga tidak disarankan mengganti ponsel dalam waktu cepat.

“Pertimbangkan ponsel pengganti setelah minimal dua tahun apabila ada kerusakan serius. Kerusakan ringan seperti layar yang tergores masih efektif untuk diperbaiki,” kata Choice, dikutip dari laman Daily Mail.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *