Apa yang Harus Dilakukan bila Barang Hilang di Bagasi Pesawat?

Apakah Anda sedang mengalami kehilangan barang bawaan di bagasi pesawat? Rasanya pasti sangat kesal sekali. Karena selain menjengkelkan, juga bakal menyita banyak waktu untuk menguruskan. Belum lagi bila barang-barang tersebut sangat penting dan sifatnya sangat mendesak untuk digunakan.

Namun, jangan khawatir, Anda masih bisa menemukan barang hilang tersebut dengan mudah. Ini dijamin oleh Peraturan Menteri Perhubungan No.77/2011 yang menjelaskan bahwa tanggung jawab dari pengangkut angkutan udara mengenai kompensasi yang bisa didapatkan penumpang saat mengalami kerusakan dan kehilangan barang-barang bawaan di bagasi pesawat.

Jika Anda mengalami hal ini, tak perlu panik. Lakukan hal berikut untuk kembali menemukan barang-barang bawaan Anda yang hilang di bagasi pesawat:

1. Pastikan Tempat Hilangnya Barang Bawaan Anda

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memastikan terlebih dahulu dimana tepatnya barang tersebut hilang. Anda bisa segera mencari informasi di layanan Lost and Found ataupun layanan informasi kehilangan yang ada di bandar udara.

Di layanan tersebut, Anda dapat membuat laporan tentang kehilangan barang, kemudian mendapatkan kepastian tentang pencarian barang-barang Anda. Namun jika kasus kehilangan barang Anda bukan terjadi di bandara, maka Anda harus bersiap untuk menjalani proses pencarian yang lebih rumit dan panjang.

2. Buatlah Laporan Atas Kehilangan Barang

Selanjutnya, buatlah laporan tentang kehilangan barang bawaan Anda. Saat Anda mengajukan klaim kehilangan barang di bagian keamanan bandara, biasanya pihak bandara akan meminta Anda untuk membuat surat keterangan hilang di Kantor kepolisian. Sehingga tidak ada salahnya untuk mempersiapkan surat tersebut di kepolisian, maksimal 24 jam setelah kejadian kehilangan tersebut.

Jika Anda merasa kebingungan saat membuat laporan pengaduan, bisa mencari polisi bandara untuk meminta bantuan. Laporan kehilangan ini juga bisa Anda ajukan kepada pihak maskapai.

Saat membuat laporan kehilangan, tuliskan secara rinci mengenai informasi tentang waktu keberangkatan, penerbangan, dan lainnya. Jangan lupa untuk membawa identitas diri beserta boarding pass yang dapat menajdi bukti kuat laporan kehilangan anda.

3. Anda Harus Ingat Setiap Detail Barang Bawaan yang Hilang

Anda juga harus mengingat detail dari setiap barang bawaan yang  hilang. Semakin detail Anda tuliskan mengenai laporan barang kehilangan, maka akan semakin mempermudah pencarian.

Gambarkan barang bawaan anda yang hilang tersebut, mulai dari ukuran, warna, desain, dan lainnya. Jika Anda memiliki foto-foto barang yang hilang tersebut, akan lebih baik jika dilampirkan ke laporan kehilangan barang.

4. Pantau Terus Informasi Pencarian Barang Anda

Setelah itu, Anda tinggal memantau terus informasi terkait pencarian barang yang dilakukan. Jika dalam 3 hari anda belum mendapatkan kepastian, maka segera lakukan pelacakan dengan menghubungi layanan bagasi bandara ataupun langsung mendatangi kantor resmi dari pihak maskapai.

Barang akan dinyatakan hilang jika tidak ditemukan dalam jangka waktu 3 minggu. Namun berdasarkan hukum yang ada di Indonesia menyatakan jika barang disebut hilang jika sudah melewati dari batas 14 hari. Dan jika melebihi dari waktu tersebut, penumpang berhak untuk mendapatkan kompensasi dari maskapai. Hal ini sudah diatur dalam pasal 5 ayat 3 Permenhub No.77/2011.

5. Anda Bisa Mengajukan Klaim

Jika barang Anda tidak ditemukan dan belum ada titik temunya, sebaiknya Anda mengajukan klaim kehilangan kepada pihak maskapai penerbangan. Masing-masing maskapai biasanya memiliki prosedur dan ketentuannya masing-masing mengenai klaim kehilangan barang. Namun yang perlu dipahami adalah mengenai hukum di Indonesia yang mengatur kondisi seperti ini.

Menurut pasal 5  ayat 1 di dalam Permenhub No.77/2011 yang mengatur tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkatan Udara, menjelaskan terdapat ganti rugi mengenai kehilangan barang yang dialami oleh penumpang.

Kehilangan isi maupun keseluruhan dari bagasi akan mendapatkan ganti rugi minimal Rp200.000 untuk 1 kilogramnya dan maksimal Rp4.000.000 per penumpang. Jika barang mengalami kerusakan, maka akan diberikan biaya ganti rugi sesuai dengan jenis, bentuk, ukuran, serta merk dari barang yang hilang tersebut.

Bagaimana Jika Kehilangan Terjadi di Bagasi Kabin Pesawat?

Untuk kehilangan yang terjadi di bagasi pesawat, tentu saja tidak akan mendapatkan ganti rugi oleh pihak maskapai. Terkecuali jika kehilangan tersebut dikarenakan kesalahan ataupun keteledoran dari pihak maskapai sehingga menyebabkan barang bawaan anda rusak atau hilang.

Jika Anda bisa memberikan bukti mengenai kerugian tersebut disebabkan karena pihak maskapai. Maka Anda bisa mengajukan klaim kepada maskapai penerbangan, maupun pihak asuransi perjalanan jika Anda memilikinya.

Penting Punya Asuransi Perjalanan

Dari semua itu, yang penting juga untuk diperhatikan adalah memiliki asuransi perjalan. Dengan asuransi perjalan, maka segala risiko yang mungkin saja terjadi dalam perjalanan Anda bisa terlindungi dengan baik.

Kerugian-kerugian yang mungkin timbul, seperti kecelakaan hingga kehilangan barang bawaan Anda, dengan travel insurance, maka dengan mudah Anda bisa mengklaimnya. Sehingga perjalanan Anda akan semakin nyaman.

Jangan Tunda Melaporkan Kehilangan Barang di Bagai Pesawat

Ketika Anda mengalami kehilangan barang bawaan di bagasi pesawat, maka jangan menunda untuk segera melaporkan kehilangan tersebut. Maksimal pembuatan laporan 24 jam setelah kehilangan barang. Jika Anda terlambat, maka akan membuat pengajuan kehilangan tersebut sulit untuk disetujui. Pahami dan nikmati perjalanan Anda.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *