5 Resep Minuman Takjil Buka Puasa Tanpa Bahan Kimia dan Gula Buatan. Segar, Sehat dan Bikin Kantong Aman

Nggak terasa kita akan segera menjumpai bulan Ramadan kembali, di mana iklan-iklan sirup dan sajian menu khas berbuka perlahan mulai memenuhi layar kaca kita. Memasuki bulan puasa ini, mustahil deh rasanya kalau kamu nggak mulai mempersiapkan daftar menu berbuka yang akan disajikan setiap harinya. Salah satu sajian berbuka terfavorit biasanya adalah minuman segar pelepas dahaga alias takjil.

Minuman takjil bisa saja dibuat secara instan dengan sirup ataupun gula-gula yang banyak dijual di pasaran. Namun tak sedikit dari kita yang alergi atau kurang suka. Nah, agar minuman itu lebih segar dan menyehatkan, salah satu solusinya adalah mengurangi kadar gula buatan dan bahan kimiawi. Apa saja resepnya? Yuk simak artikel Hipwee ini. Selain lebih hemat dan higienis, kamu bisa sekalian menjajal jiwa kreatifmu meracik beragam minuman segar, praktis dan porsinya lebih memuaskan, hehe~

1. Coba deh kreasikan es blewah selasih markisa dengan paduan buah blewah, markisa dan cincau hijau yang segar

Nggak ada yang lebih menyegarkan dari sajiah buan markisa di bulan puasa! Bahannya mudah, cara membuatnya pun gampang. Cus langsung praktikkan ya di rumah!

Bahan-bahan yang kamu butuhkan :

  • 20 gr buah blewah serut memanjang tipis-tipis
  • 4 buah markisa
  • 200 gr cincau hijau, keruk dengan sendok kecil
  • 200 ml sirup atau sari buah markisa yang menggunakan gula alami
  • Setengah cangkir selasih yang sudah direndam air
  • 600 ml air
  • 200 gr es batu

Cara membuat:

  • Tata blewah, markisa dan cincau hijau dan es batu serut atau diremukkan di gelas
  • Tuangkan sirup atau sari buah markisa yang sudah diencerkan dengan air
  • Berikan Dua sendok selasih di atasnya, sajikan dengan potongan daun mint di atasnya

2. Siapa bakal menolak kesegaran bersahaja dari segelas es kelapa gula merah yang disajikan saat jam berbuka? Yang jelas kamu pasti nggak bakal nolak!

Siapa bilang es kelapa hanya bisa dipadukan dengan susu atau sirup merah yang seolah sudah jadi pakemnya itu? Kamu wajib coba nih, es kelapa yang disajikan dengan gula merah alami sehingga bebas rasa bersalah (karena nggak mengandung gula buatan artifisial).

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 2 buah kelapa muda segar (pisah daging kelapa muda dan airnya)
  • 100 gr gula jawa yang sudah diparut
  • 200 ml air putih matang
  • 100 gr cincau hitam (potong-potong)
  • 1 lembar daun pandan (ikat simpul)
  • Potongan buah nangka secukupnya
  • Air kelapa muda secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  • Rebus air, daun pandan, dan gula jawa sampai mendidih. Aduk-aduk dan dinginkan
  • Siapkan gelas saji dan masukkan daging kelapa muda, potongan buah nangka, potongan cincau dan es batu
  • Sirami bagian atasnya dengan air kelapa muda dan juga sirup gula jawa yang sudah didinginkan tadi
  • Es kelapa muda gula jawa pun siap untuk disajikan. Yummy!

3. Mau minum es cincau nggak melulu harus beli di abang-abang kok! Bikin sendiri di rumah jelas lebih hemat dan higienis tentunya~

Nggak melulu es kelapa atau dawet, es cincau pun segar banget lho dijadikan takjil saat berbuka puasa. Cara membuatnya pun super mudah dan nggak makan waktu lama. Cus langsung dicoba ya, Guys!

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 1 buah cincau berukuran sedang secukupnya, cuci dan potong kotak-kotak

Kuah 1 :

  • 600 ml Santan kental
  • Sejumput garam

Kuah 2 :

  • 250 gr gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 300 ml air
  • Gula merah secukupnya
  • 2 lbr daun pandan wangi

Cara membuat:

  • Rebus semua bahan kuah 1 hingga mendidih sambil diaduk-aduk. Angkat, dinginkan lalu saring
  • Rebus kuah 2 hingga larut dan mendidih, angkat lalu saring
  • Susun potongan cincau di dalam gelas, es batu lalu siram dengan kuah 1 dan 2. Berikan potongan daun pandan sebagai pemanis. Es cincau siap disajikan~

4. Siapa bilang es buah atau fruit punch harus selalu butuh sirup, susu atau  soda? Nggak dong, kan bisa diganti pakai jus buah!

Nggak melulu harus berpadu dengan sirup atau susu, kamu bisa lho membuat es buah dengan jus buah yang segar dan bebas bahan kimia sintetis. Biar nggak penasaran, hayuk coba bikin sendiri di rumah~

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 3 cangkir jus jeruk (yang segar ya, bukan kemasan)
  • 3 cangkir jus jeruk bali
  • 3 cangkir jus nanas madu
  • 1/4 cangkir jus lemon
  • Gula pasir secukupnya untuk memberikan rasa manis
  • Setengah cangkir selasih
  • Potongan buah sesuai selera, seperti potongan semangka, melon dan stroberi
  • Es batu

Cara membuat:

  • Campurkan semua bahan secara merata, masukkan es di masing-masing gelas dan es buah pun siap disajikan~

5. Es dawet murah meriah dan melimpah bisa kamu buat sendiri lho di rumah. Cara buatnya pun mudah, nggak pake susah. Yuk langsung praktikkan nih resepnya!

Enaknya makan es dawet yang lezat dan mengenyangkan, apalagi kalau buatan sendiri. Selain bisa makan porsi besar, juga kamu tahu benar proses pembuatannya higienis dan sebagainya. Yuk cobain, guys~

Bahan-bahan yang kamu butuhkan (untuk 12 gelas):

Bahan utama

  • 600 gr dawet yang beli di pasar
  • 650 gr es serut

Bahan sirup gula:

  • 500 gr gula merah, sisir
  • 6 buah nangka, potong kotak
  • 2 lembar daun pandan, ikat
  • 200 ml air
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan kuah santan:

  • 2.500 ml santan dari 2 1/2 butir kelapa
  • 5 lembar daun pandan
  • 1 1/4 sendok teh garam

Cara membuat:

  • Buat sirup gula: rebus gula merah, nangka, daun pandan, air, dan garam sampai larut dan kental. Aduk rata. Dinginkan.
  • Kuah santan: rebus santan, daun pandan, dan garam sampai mendidih. Dinginkan.
  • Sajikan dawet di gelas dengan sirup gula, kuah santan, dan es serut. Hias dengan irisan daun pandan.

Gimana, nggak sulit kan untuk membuat menu sajian takjil murah meriah dan praktis meski bujet mepet? Yuk jangan cuma disimpan, praktikkan juga resepnya. Selamat mencoba ya, Guys!

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *